sekolah saya

SMK PGRI TRA

Jumat, 19 Agustus 2011

Membangun Hotspot dengan EasyHotspot

hay....semuanya pda ksmptan kali ini saya akan membahas tentang membangun hostspot menggunakan easyhotspot...selamat membaca........EasyHotspot merupakan alternatif untuk solusi billing hotspot. EasyHotspot terdiri dari berbagai perangkat lunak open source yang dibundel menjadi kesatuan paket tunggal. Tujuannya adalah untuk memberikan suatu sistem yang sederhana, mudah untuk menginstal, menggunakan dan memodifikasi. EasyHotspot datang dan siap untuk digunakan. Anda perlu sedikit konfigurasi untuk membangun sebuah hotspot. Ini akan menghemat waktu dan energi anda.

EasyHotspot dikembangkan di bagian atas distribusi Ubuntu. Antarmuka hotspot manajer digunakan untuk mengelola hotspot Anda dibangun dari Codeigniter framework. CodeIgniter adalah framework PHP super cepat yang mudah dipahami dan sangat berguna untuk membuat aplikasi berbasis web. Kami berharap semua orang dapat dengan mudah memahami dan melakukan perbaikan untuk kode. Freeradius akan membantu kita untuk melakukan proses AAA.Captive Portal yang digunakan untuk otentikasi pengguna adalah Chillispot, dan database / MySQL digunakan untuk menyimpan informasi pengguna dan log.
Instalasi
Persyaratan Hardware Minimum :
  • Pentium 3 atau setara
  • 512 MB RAM
  • 5 GB Free Space HDD
  • 2 network card (LAN CARD)
  • Wireless Access Point (Kebutuhan yang kita pake disini adalah mode AP)
  • Switch / Hub (opsional, hanya untuk pengguna wired)

EasyHotspot di distribusikan dengan bentuk distro linux yang berupa iso. Anda hanya tinggal membakarnya ke sebuah CD lalu boot komputer anda dengan CD tersebut. Setelah proses boot dari CD selesai, anda hanya tinggal memilih menu instalasi. Proses instalasi relatif mudah, anda hanya di minta untuk mengikuti petunjuk yang muncul di layar.


Konfigurasi 
Setelah proses instalasi selesai, ada beberapa langkah yang tersisa untuk memastikan bahwa EasyHotspot dapat berjalan lancar.

Konfigurasi LAN Card  
Pertama-­‐tama pastikan bahwa Anda memiliki dua antarmuka jaringan dinamai eth0 dan eth1, Anda bisa mencari tahu dengan mengetikkan "ifconfig" di terminal atau melalui Application menu system → preferences → network connection. Jika Anda memiliki eth2, eth3 dan seterusnya bacalah bagian troubleshoot.

1. Internet interface
Set eth0 Anda sebagai sumber koneksi internet Anda dari ISP. Hal ini dapat dinamis atau statis. Jika Anda memiliki sambungan yang dinamis / DHCP, hanya cukup colokkan kabel ethernet untuk antarmuka eth0, atau jika Anda memiliki koneksi statis itu Anda dapat mengkonfigurasi jaringan dengan mengklik ikon pada tray sistem dan memukul konfigurasi manual.

2. Distribution interface
eth1 akan bertindak sebagai interface distribusi. Anda tidak perlu mengkonfigurasi antarmuka ini sama sekali. Cukup hubungkan ke AP atau Switch hub dan kemudian biarkan klien Anda terhubung. Pastikan bahwa Anda telah menonaktifkan DHCP, enkripsi, dan Router fitur di AP atau router Anda (jika ada).

Mengedit informasi Hotspot 
  

 Easyhotspot memungkinkan Anda untuk mengedit informasi hotspot admin manajemen halaman. Mengedit info hotspot, edit /var/www/easyhotspot/system/application/config/easyhotspot.phpMengedit entri seperti lokasi dan mata uang hotspot sesuai dengan kondisi riil.

1. Setting Bahasa
Untuk saat ini hanya mendukung EasyHotspot Inggris, Indonesia & bahasa Spanyol. Pengaturan bahasa diatur dalam var/www/easyhotspot/system/application/config/config.php sebagai $ config [ 'language'] 'indonesia' Jika Anda ingin membuat terjemahan baru lalu copy ke direktori yang ada, sebaiknya gunakan bahasa inggris lalu terjemahkan ke dalam bahasa anda easyhotspot_lang.php meletakkannya di dalam sebuah direktori baru misalnya:

var/www/easyhotspot/system/application/language/jawa/easyhotspot_lang.php

dan mengatur sistem var/www/easyhotspot/system/application/config/config.php menjadi
$config['language'] = 'jawa';


(silahkan kirim terjemahan anda ke email rafeequl@gmail.com untuk membantu pengembangan).

2. Setting Homepage
Secara default, EasyHotspot hanya dapat diakses dari server itu sendiri (localhost), jika Anda ingin remote sistem Anda bisa mengubah EasyHotspotke homepage dari locahost ke diakses IP Address. Edit var/www/easyhotspot/system/application/config/config.php, cari baris $config [ 'base_url']

Contoh:

$config [ 'base_url'] = "http://192.168.182.1/";

192.168.182.1 adalah alamat IP EasyHotspot Anda


Menggunakan EasyHotspot  
EasyHotspot dilengkapi dengan system hotspot yang sudah dikonfigurasikan dengan baik, dan semuanya itu bias di kontrol melalui web. Untuk memulainya anda bisa mengakses halaman administrasi dengan web browser.
http://localhost/easyhotspotatau http://ip.server.anda/easyhotspot

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3